Lewati navigasi

Bagaimana mempersiapkan sidang strata satu, atau S1? Mungkin banyak orang yang mempermasalahkan tentang pertanyaan itu, namun dibalik itu semua saya lebih mempermasalahkan bagaimana kelak nanti saya selesai sidang tersebut. Ini adalah semester yang menentukan satu tahun mendatang, apakah mahasiswa bisa lulus dengan tepat waktu, atau setelah lulus bisa menyambung hidup? Karena belum tentu yang lulus cepat itu juga bisa menyambung hidup. Bagi saya semester 7 adalah waktu yang sempit untuk belajar, sehingga harus membagi waktu dengan baik. Kira-kira setahun lagi pasti kami mengalami efek dari semester ini.

 

Strategi harus dibuat, bagaimana bisa lulus dengan tepat waktu dan tidak menyianyiakan selama kuliah 8 semester. Karena masih banyak yang setelah lulus bingung akan kerja dimana dan kerja apa karena mereka tidak tau kemampuan atau spesialisasi apa yang mereka miliki. Jadi semester ini harus punya stategi untuk menangani dua masalah tersebut.

 

Untuk mengatasi bagaimana lulus tepat waktu, menurut saya adalah bagaimana bisa meningkatkan nilai IPK, dan mempersiapkan skripsi. Memang terlihat simple untuk mempersiapkan skripsi, namun kita harus sadar, bila kita memilih Dosen Pembibing yang salah, akan berdampak pada lamanya kita menyelesaikan skripsi kita. Bagaimana tidak, misal kita sudah menyelesaikan bab1 dan akan bimbingan, namun setelah dihubungi dosen tersebut tidak sangat sibuk sehingga 3 minggu kemudian baru bisa bimbingan. Atau misalkan dosen pembimbing tersebut tidak mau memberikan nomer handphone untuk dihubungi, ini bisa menjadi masalah kecil yang nantinya berujung panjang.

 

Selanjutnya untuk mengatasi permasalahan berikutnya yaitu kerja apa kita nanti. Persoalan ini berhubungan dengan passion. Jadi kita minat kerja dimana jadi apa? Atau kita senang ketika berkerja dimana? Atau pengen kerja dimana dan sebagai apa? Misalkan saya ingin berkerja sebagai System Administrator, maka yang saya lakukan adalah mencari lowongan sekarang, apa itu System Administrator? Apa saja pekerjaannya? Bagaimana cara berkerjanya? Setelah mendapatkan info tersebut, saya mencari bagaimana agar dapat mengerjakan pekerjaan tersebut. Dan saya juga mencari komunitas yang beberapa anggotanya merupakan System Administrator, sehingga saya tau enak dan tidaknya menjadi system administrator.

Tinggalkan komentar